Selasa, 20 Maret 2012

Ajang Geneva Motor Show tak hanya dijadikan momen memperkenalkan mobil baru yang siap produksi, tapi para produsen juga melempar mobil konsep untuk melihat respon publik.

 



Geneva Motor Show sedang berlangsung di Geneva Palexpo, Jenewa dari 8 - 18 Maret 2012. Kota yang berada di Swiss ini setiap tahunnya diramaikan oleh banyak produsen mulai dari Jepang, Korea, dan tentunya negara-negara Eropa. Meluncurkan mobil baru di pameran otomotif mungkin sudah menjadi hal yang umum.

Tapi menghadirkan mobil konsep yang belum pasti diproduksi, hanya di Geneva Motor Show hal itu banyak terjadi. Nah, diantara mobil konsep tersebut, dari pantauan Autoblog ada sembilan mobil konsep yang tampil nyentrik dan biasanya mobil-mobil ini kecil kemungkinan diproduksi. Mau liat bentuknya seperti apa? Check this out!

  1. Valmet Dawn
    Valmet Automotive, perusahaan otomotif yang memproduksi Fisker Karma menampilkan sebuah mobil listrik (electric vehicle-EV) bernama Valmet Dawn. Dilihat dari gambar, Valmet Dawn mempunyai bentuk yang aneh.

    Sekilas mobil ini seperti mobil dalam film Tron. Meski begitu Valmet mengaku telah melakukan penelitian dan pengembangan untuk komponen EV pada Dawn. Penggabungan komponen baterai dandrivetrains pada satu kendaraan pun diterapkan. "Inovatif, itu adalah kata yang tepat untuk mobil ini," klaim Valmet.
  2. Sbarro Intencity
    Ternyata setiap tahun GMS tidak hanya menghadirkan produsen otomotif yang sudah mempunyai citra internasional. Beberapa desainer independen yang umumnya dari sekolah / universitas bisa memamerkan hasil karya mereka.

    Seperti Franco, seorang siswa dari sekolah Espera Sbarro di Montbeliard, Perancis yang memperkenalkan Sbarro Intencity. Mobil konsep ini ialah sebuah mobil listrik (EV) dengan motor listrik 100 kW yang disokong baterai 96 cell lithium yang diklaim bisa berjalan sejauh 180 km. Bobot mobil ini pun hanya 980 kg.
  3. Magna MILA Coupic
    Ini adalah mobil konsep ke-6 yang dibuat oleh Magna Steyr, perusahaan onderdil asal Kanada yang tergabung dalam Magna International. Diberi nama MILA Coupic, model crossover dengan dua pintu ini mempunyai 'rahasia' didalamnya. Mobil ini bisa berubah bentuk menjadi sebuah mobil convertible atau truk pikap dengan mengubah konfigurasi kursi belakang.

    Meskipun mempunyai kapasitas lima penumpang pada mode standar, ketika dua kaca diatap mobil dibuka maka mobil ini berubah bentuk menjadi pikap. MILA Coupic pun menyita perhatian para pengunjung pameran dan sekadar informasi bahwa Magna pernah memproduksi mesin Mercedes-Benz SLK, Fiat 500C, dan Opel Astra TwinTop.
  4. Toyota FT-Bh
    Sebagai salah satu produsen terbesar di dunia, Toyota seolah tidak mau ketinggalan untuk memamerkan mobil konsep masa depan. Bertajuk FT-Bh, mobil berkelir putih ini mempunyai satu keunggulan yakni bobotnya yang sangat ringan. Melalui desain yang diklaim minimalis bukan futuristik ini, FT-Bh mempunyai total berat kosong sekitar 816 kg.

    Banyak yang menduga bahwa FT-Bh bakal calon generasi terbaru dari Yaris hybrid. Pihak Toyota sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menurnkan berat badan hingga 25 persen dibanidng Yaris saat ini. Penggunaan kamera sebagai pengganti spion serta tidak adanya gagang pintu sudah cukup membuktikan bahwa bentuk FT-Bh ini sedikit aneh.
  5. Morgan Plus E
    Dari eskteriornya banyak orang mengira ini mobil klasik yang dimodifikasi dan menggunakan mesin bensin. Tapi ternyata mobil garapan Morgan yang bernama Morgan Plus E ini adalah mobil dengan mesin listrik bertenaga 94 hp dan menggunakan bahan aluminium untuk sasis. Meskipun tenaganya tidak terlalu besar namun ada dua hal yang cukup membanggakan dari mobil klasik rasa futuristik ini.

    Pertama, torsi yang dihasilkan dari mesin listrik Zytek mencapai 299 Nm. Kedua, Plus E mempunyai berat yang lumayan ringan, hanya 1250 kg. Berusaha menyatukan konsep klasik, Morgan membenamkan transmisi manual lima percepatan dengan berpenggerak roda belakang. Dari mesin itu diklaim oleh Morgan mampu mencapai kecepatan tertinggi 185 km/jam dan akselerasinya hanya butuh waktu 6 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.
  6. SsangYong XIV-2 Concept
    Hyundai dan Kia adalah dua produsen yang paling banyak diketahui masyarakat. Di Geneva Motor Show, SsangYong, produsen asal Korea Selatan ini meluncurkan beberapa pikap dan SUV baru. Salah satunya yang menyita perhatian ialah XIV-2 Concept.

    Mobil berbentuk SUV dengan dua pintu (coupe) ini menjadi bukti bahwa ada produsen lain dari negeri Ginseng yang mempunyai produk menarik. Ssangyong mengumumkan bahwa mobil konsep ini nantinya akan menggendong mesin 1.6-liter diesel dikombinasikan girboks manual enam percepatan. Rencananya mobil ini akan dijual di Eropa pada tahun depan dengan tiga varian yaitu versi coupe, tiga pintu dan lima pintu.
  7. Cisitalia 202 E concept
    Sama seperti Sbarro Intencity, Cisitalia 202 E Concept ialah mobil konsep garapan seorang pelajar (mahasiswa) dari jurusan desain transportasi IED, Turin, Italia. Namun nama Cisitalia bukan pemain baru karena sebelumnya sering memproduksi mobil sport. Kepanjangan dari Cisitalia sendiri ialah Compagnia Industriale Sportiva Italia. Brand ini sempat menjadi ikon dalam desain otomotif karena bentuknya yang harmonis.

    Dilihat dari gambar, mobil ini mempunyai 'hidung' atau kap mesin yang panjang. Sedangkan bagian belakangnya terlihat pendek dan padar (compact). Bentuk oval lampu depan dan lampu belakang yang berada ditengah menjadi gaya tersendiri untuk mobil konsep ini. Yang pasti kelir merah yang digunakan pada Cisitalia 202 E Concept ini khas layaknya Ferrari, produsen otomotif ternama asal Italia.
  8. Bertone Nuccio
    "Nuccio adalah sportscar paling ekstrem di dunia yang menempatkan jejak evolusi pada sebuah mobil ber-DNA Bertone (perusahaan otomotif asal Italia spesialis desain mobil)," ujar Bertone. Pembuatan Nuccio yang diambil dari nama anak Giovanni Bertone, pendiri Bertone juga sebagai perayaan atas ulang tahun ke-100 berdirinya perusahaan yang berbasis di Turin ini.

    Mobil berwarna abu-abu dengan motif garis oranye mempunyai bentuk yang aneh karena kaca depannya sangat besar dan lebar. Dibalik bentuknya yang unik, mobil ini diklaim memiliki mesin V8 4.3-liter bertenaga 480 hp yang berasal dari Ferrari. Setelah tampil di Geneva Motor Show, Nuccio akan berkeliling Eropa dan Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar